Tuesday 29 December 2009

Bolu Kukus


Bolu Kukus Emang makanan yang enak dibikin n enak dimakan he..he..
Ada beberapa Tips yang simple yang bisa bikin bolu kukus supaya enak n cantik dilihat :
  • Baca dulu Resepnya dan pelajari dengan teliti dari jenis bahan yang digunakan, pengukuran berat bahan itu sendiri dan jangan lupa persiapan alat dalam kondisi bersih dan kering,
  • Hasil bolu supaya lembut itu tergantung dengan jumlah telur yang digunakan. Anda juga bisa menggunakan beberapa bahan pelembut seperti cake emulsifier (bahan tambahan yang berbentuk pasta/emulsi yang berguna untuk membuat bolu menjadi lebih halus dan tidak mudah patah) sehingga tidak perlu menambahkan telur dengan jumlah yang banyak,
  • Selain itu mengocok telur juga tidak boleh sembarangan karena jika mengocok terlalu kaku maka adonan akan cepat turun ketika tepung dicampurkan dalam adonan dan juga mengakibatkan adonan bolu akan rapuh pada saat dipotong.
  • Supaya hasil bolu lentur perhatikan penggunaan tepung terigu, jangan terlalu banyak. Atau untuk mengakalinya bisa memberi tambahan tepung maizena sedikit saja.
  • Nah selain itu perlu qt perhatikan juga pada saat melumerkan margarin/mentega jangan sampai air terpisah dari minyaknya. Hal ini bisa mengakibatkan bolu cepat kering dan kadangkala ada bagian yang bantat didasar bolu.
  • Pada saat akan menuangkan adonan pada loyang terlebih dahulu qt mempersiapkan loyang yang telah diolesi margarin secara merata lalu dialasi kertas roti sesuai dengan ukuran loyang. Ingat ukuran kertas roti harus pas karena jika kelebihn maka akan membuat hasil bolu menjadi bergelombang dan tidak rata.
  • Nah untuk memberi variasi pada kue bolu maka bisa dilakukan dengan menarik garis-garis dengan bantuan tusuk gigi, menyemprotkan adonan secara acak, menyerong atau lurus dengan variasi rasa atau warna.

No comments:

Post a Comment

Photobucket